Tips Menjaga Kesehatan Pencernaan  РSistem pencernaan merupakan organ yang sangat penting bagi kelangsungan fungsi tubuh. Organ pencernaan yang meliputi mulut, faring, kerongkongan, lambung, usus halus, dan usus besar. Beberapa sistem pencernaan di dalam tubuh sering mengalami masalah. Kesehatan pencernaan bisa mengalami masalah seperti kembung, diare, sembelit dan masalah pencernaan lainnya seperti maag.

Tips Menjaga Kesehatan Pencernaan

Gangguan pada sistem pencernaan membuat Anda tidak produktif, apalagi jika Anda harus berbaring di tempat tidur sepanjang waktu untuk beristirahat. Anda jelas tidak ingin berada dalam kondisi ini, bukan? Anda harus menjaga sistem pencernaan Anda untuk menghindari gangguan pencernaan dengan mengikuti tips ini:

  1. Makan lemak sehat

Jangan terlalu menyalahkan lemak, karena tidak semua lemak buruk bagi tubuh. Ada banyak lemak baik untuk tubuh yang bahkan dapat membantu sistem pencernaan dan mencegah peradangan di daerah usus dan sekitarnya. Lemak sehat juga bisa menjadi sumber energi yang cukup melimpah.

Anda bisa mendapatkan lemak sehat dari buah-buahan seperti alpukat dan beberapa biji-bijian. Selain itu, ada beberapa pilihan ikan berlemak dengan asam lemak omega-3, seperti salmon dan tuna, yang bisa dikonsumsi untuk menjaga sistem pencernaan tetap baik.

  1. Konsumsi makanan sehat 

Hal pertama yang harus diperhatikan jika ingin memiliki sistem pencernaan yang sehat adalah memperhatikan asupan makanan. Dengan memperhatikan apa yang Anda makan, gangguan pencernaan akan jarang terjadi. Bahkan sistem pencernaan pun akan semakin sehat setiap saat.

Baca : Cara Mengobati Fistula Ani

Biasakan untuk memasak makanan yang ingin Anda makan. Memasak sendiri memungkinkan Anda untuk mengontrol jenis nutrisi yang masuk dan dikonsumsi oleh makanan asli. Selama ini, pilihan makanan di luar ruangan sering menggunakan makanan olahan, makanan buatan, dan pengawet. Bahan-bahan yang tidak alami membebani sistem pencernaan, yang seringkali menyebabkan gangguan.

  1. Memenuhi kebutuhan air harian

Anda harus memenuhi kebutuhan air harian sebanyak mungkin, karena kebutuhan air harian memastikan sistem pencernaan berfungsi dengan baik. Kotoran yang dikeluarkan juga akan menjadi lebih lunak, sehingga Anda tidak mengalami konstipasi. Seperti yang Anda ketahui, selama ini sembelit terjadi karena kekurangan cairan tubuh. Minum air putih minimal 8 gelas atau 2 liter air setiap hari untuk kesehatan pencernaan.

  1. Perbanyak makanan kaya serat

Terlalu banyak makan nasi dan lauk yang berlemak adalah tindakan yang tidak bijaksana. Pasalnya, kedua hal tersebut akan menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan. Mengolah dua hal ini menjadi energi akan memakan waktu lama, sehingga bisa membuat Anda cepat mengantuk.

Selain membuat Anda cepat mengantuk, sembelit juga akan cepat menyerang Anda. Perbanyak makan makanan kaya serat, seperti sayuran hijau, buah-buahan, dan beberapa jenis biji-bijian. Serat yang masuk membuat Anda merasa lebih kenyang dan tidak kembung. Dengan cara ini, rasa sakit saat buang air besar karena sembelit dapat dihindari.

  1. Stres terkendali

Anda mungkin mengira bahwa stres tidak berpengaruh pada tubuh. Saat tubuh sedang stres, kortisol diproduksi dalam jumlah besar. Hormon tersebut dapat menyebabkan gangguan pencernaan, sehingga dapat terjadi konstipasi, mual, dan diare.

Stres yang berlebihan juga menyebabkan Anda memiliki pola makan yang buruk. Saat stres, kebanyakan orang sering tidak memiliki kendali atas apa yang mereka makan. Perut juga akan mengalami gangguan akibat gizi buruk.