Tips Memilih Kemasan Makanan Yang Aman – Kuliner adalah profesi yang tidak akan pernah mati. Setiap perusahaan kuliner memiliki kelompok sasaran dan konsumen yang berbeda-beda. Jika Anda tertarik untuk memulai bisnis kuliner Anda sendiri, ada beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan.

Tips Memilih Kemasan Makanan Yang Aman

Aspek penting yang perlu diperhatikan adalah kemasan makanan. Pemilihan kemasan makanan yang ceroboh dapat membuat makanan terkontaminasi dan tidak aman untuk dikonsumsi. Sangat penting untuk mempelajari cara memilih kemasan makanan standar food grade yang aman agar kemasan tersebut tidak berbahaya untuk digunakan pada makanan. Lantas, bagaimana cara memilih kemasan makanan yang aman? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Bagaimana cara memilih kemasan makanan yang aman?

Pengemasan adalah bahan atau bahan yang digunakan untuk melindungi pangan dari kontaminasi, kerusakan, dan perubahan mutu. Tentunya jika sudah terbiasa dengan dunia kuliner pasti tahu bahwa setiap makanan yang dijual harus dikemas dan dikemas dalam kemasan yang berbeda-beda.

Beberapa kemasan makanan yang tersedia di pasaran biasanya terbuat dari bahan non food grade, sehingga tidak aman dan berpotensi menimbulkan penyakit jika bahan tersebut dicampur dengan makanan. Untuk memahami cara memilih kemasan makanan yang aman, berikut beberapa tipsnya.

  1. Tentukan bahan kemasannya

Cara pertama untuk memilih kemasan makanan yang aman adalah dengan menentukan bahan dari kemasan makanan tersebut. Sesuaikan bahan kemasan dengan menu makanan yang disajikan. Misalnya, makanan basah lebih cocok menggunakan kemasan yang terbuat dari bahan anti air dan anti bocor. Kemasan kertas dan karton dapat digunakan untuk makanan kering.

Hindari menggunakan kemasan kantong kresek hitam, kertas bekas dan kertas koran. Bahan kemasannya mengandung timbal yang sangat berbahaya bagi ginjal. Juga, berhati-hatilah untuk tidak mengemas makanan apa pun dalam kemasan styrofoam. Bahan-bahan tersebut mengandung benzena yang bisa menjadi pemicu kanker.

Anda harus memperhatikan bahan kemasan. Bahan kemasan yang tidak layak pakai dapat dikenali dari baunya yang menyengat dan terlihat usang. Pastikan kemasannya terbuat dari bahan food-safe yang tahan panas. Seperti lunch box kertas, sekarang temapack jual lunch box kertas yang tahan akan panas.

Meski dijual dengan harga lebih mahal, bahan kemasan yang hangat tidak akan berubah bentuk dan baunya saat terkena makanan panas. Tidak hanya itu, bahannya juga umumnya dibuat lebih tebal agar kemasan tidak mudah pecah dan lebih aman untuk dibawa.

  1. Kemasan Vakum Untuk Makanan Beku

Salah satu cara memilih kemasan makanan yang aman selanjutnya adalah dengan menggunakan plastik kemasan vakum untuk makanan beku. Karena dibuat kedap udara, Anda bisa menggunakan plastik vakum untuk menyimpan makanan beku dalam jangka waktu yang lebih lama.

Pilih penyedot debu plastik yang sesuai dengan spesifikasi penyedot debu. Perhatikan juga saat menyedot debu, agar udara dalam kemasan benar-benar habis.

  1. Kemasan Aman Microwave

Plastik PET, juga dikenal sebagai polietilen tereftalat, adalah salah satu bahan yang paling umum digunakan untuk mengemas kotak makanan. Berbagai jenis kotak makanan plastik PET dibuat khusus agar aman digunakan di microwave. Kotak makanan juga dikenal sebagai Microwave Safe, yang berarti plastik PET tidak meleleh dan tidak mencemari makanan saat dipanaskan dalam microwave.

Oleh karena itu, perhatikan beberapa kode yang tertera pada kemasan kotak makanan yang aman untuk dipanaskan dengan microwave. Berikut adalah beberapa kode.

  • Kode simbol garis bergelombang. Jika kotak makanan berisi kode ini, berarti kemasan kotak makanan tersebut aman digunakan di microwave. Namun, jika simbol dicoret, kotak makanan tersebut tidak aman dan tidak boleh dipanaskan dalam microwave.
  • Bebas BPA. Kode yang harus diwaspadai selanjutnya adalah bebas BPA. Kode tersebut berarti kemasan makanan tidak mengandung bahan berbahaya seperti Bisphenol A, Styren, Phenol dan Aseton. Kemasan makanan yang mengandung BPA sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh dalam jangka panjang. Kandungan ini dapat menyebabkan penyakit seperti gangguan pertumbuhan otak hingga penyakit prostat.
  • Kode nomor pada kemasan. Kode dimulai dari angka 1 sampai 7 dan menggambarkan struktur dan bahan dari kotak makanan plastik. Pastikan untuk memilih paket bernomor 1, 2, 4 dan 5 yang memiliki tingkat ketahanan panas yang tinggi dan tidak akan meleleh meskipun dipanaskan dalam microwave pada suhu tinggi. Jangan membeli kotak makanan dengan kode nomor 3, 6 dan 7. Kode-kode tersebut menunjukkan bahwa kotak makanan tersebut mengandung racun berbahaya yang dilepaskan saat terkena panas yang berlebihan dan beracun saat terkena makanan.

Itulah beberapa cara memilih kemasan makanan yang aman yang bisa Anda coba ikuti. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda menemukan kemasan makanan yang aman digunakan.