Responsive Web Desain: Pengertian dan keuntungan – Pastinya kamu mengetahui kalau kita sedang mengunjungi website lalu loading konten yang terlalu lama pasti kita akan pergi ke website yang lain. Maka dari itu memiliki responsive web desain merupakan hal yang penting bagi pemilik website. Menurut hasil penelitian sebagian besar pengguna internet saat ini biasa menggunakan smartphone untuk mengaksesnya dari pada menggunakan komputer yang tidak bisa dibawa kemana-mana.

Responsive Web Desain: Pengertian dan keuntungan

Jika desain website kamu tidak responsif, kamu akan berpotensi kehilangan traffic bahkan konsumen. Memang, apa sebenarnya responsive web design itu? Kami akan memberikan penjelasannya untukmu.

Pengertian Responsive web desain

Responsive web design ataupun desain web responsif merupakan suatu teknik ataupun metode untuk web designer untuk membuat suatu layout website yang bisa menyesuaikan diri sesuai dengan ukuran layar pengguna. Baik dari ukuran huruf, user interface, lukisan serta tata letak akan menyesuaikan dengan lebar layar serta resolusi device yang digunakan.

Tidak hanya bisa mempengaruhi apa yang ditampilkan pada perangkat tertentu, ini juga untuk tingkatkan kenyamanan pengguna dalam mendatangi sesuatu website. Pasalnya, dengan responsive web design, maka bermacam komposisi, tata letak, akan membiasakan dengan sendirinya. Misalnya, pengunjung akan mudah membaca tanpa wajib zoom in ataupun zoom out, serta menikmati berbagai konten yang ditampilkan sesuai dengan device yang dipakai.

Prinsip responsive web design

Untuk memiliki desain web yang responsif, pastikan kalau website- mu mempunyai prinsip-prinsip berikut:

  1. Fluid Grid

Arti dari fluid grid merupakan sebuah grid ataupun garis- garis batas yang memastikan posisi suatu komponen dalam desain, tetapi bisa berubah- ubah cocok dengan ukuran tampilannya. Perihal ini karena satuan yang dipakai merupakan satuan yang relatif semacam persen, ataupun em (satuan dipakai dalam tipografi).

  1. Media queries

Terdapatnya media query membolehkan desainmu lebih cocok dengan bermacam ukuran layar. Media query membolehkan website buat bisa mengambil informasi mengenai ukuran layar yang digunakan buat menampilkan konten.

  1. Responsive media

Prinsip berikutnya yang wajib diperhatikan dalam membuat responsive web design merupakan media yang responsif. Semacam pada poin awal, ialah kalian wajib memastikan kalau media semacam foto serta video bisa diperlihatkan dengan baik di berbagai ukuran layar.

Oleh karenanya, dibandingkan dengan mengenakan ukuran tampilan berupa pixel, hingga pastikan dimensi dari media yang ditampilkan dalam bentuk persentase. Amat disarankan buat membagikan pengukuran dari media sebesar 100%, supaya media yang diperlihatkan dalam tampilan yang maksimum.

Keuntungan yang bisa kita dapat kala memiliki responsive web desain

  • Dapat diakses oleh berbagai device dengan ukuran layar berbeda-beda
  • Lebih hemat biaya
  • Kemudahan dalam maintenance
  • Halaman yang lebih cepat dibuka

Nah itulah informasi yang dapat kami berikan mengenai Responsive web desain: Pengertian dan keuntungan, mungkin dengan informasi diatas kamu mengetahui keuntungan apa saja yang didapat jika website yang kamu miliki responsive. Jika kamu ingin memiliki website yang responsive kamu dapat konsultasikan kepada digital agency jakarta yaitu Nusantara Art Media.

Jasa digital marketing ini akan membuat website yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan kamu, nah, sebenarnya banyak juga loh layanan yang mereka berikan jika kamu ingin mengetahui apa saja yang mereka tawarkan kamu bisa mengunjugi website resminya Nusantara Art Media. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi kamu semua.