Kenali Mitos dari Diabetes Tipe 2 – Beredarnya informasi yang tidak akurat tentang suatu penyakit tidak hanya membingungkan, tetapi juga berbahaya. Pasalnya, mitos yang salah bisa membuat penyakit tidak tertangani dengan baik dan berujung pada komplikasi atau dampak buruk lainnya. Beredarnya mitos juga bisa membuat banyak orang salah paham tentang suatu penyakit, salah satu penyakit yang banyak mitos nya adalah diabetes tipe 2.

Kenali Mitos dari Diabetes Tipe 2

Banyak orang mungkin tidak menyadari perbedaan mendasar antara diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Agar tidak salah, sangat penting untuk mengetahui mitos tentang diabetes tipe 2 yang tidak lagi dipercaya!

  1. Hanya Menyerang Orang Gemuk

Mungkin Anda pernah mendengar nasihat untuk menjaga berat badan, karena jika Anda gemuk maka Anda pasti akan terkena diabetes tipe 2. Sebenarnya anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Itu karena berat badan bukanlah faktor utama penyebab diabetes, namun ada banyak faktor lain yang bisa memicu penyakit ini.

Fakta nya, tidak semua orang yang kelebihan berat badan memiliki diabetes tipe 2. Di sisi lain, banyak orang dengan berat badan normal memiliki penyakit ini. Sebab, salah satu faktor pemicu penyakit tersebut adalah riwayat kesehatan keluarga. Namun, orang yang kelebihan berat badan harus berhati-hati. Karena itu, risiko diabetes cenderung lebih besar pada orang yang kelebihan berat badan.

  1. Makan manis pasti diabetes

Banyak juga yang percaya bahwa kebiasaan makan makanan manis adalah penyebab utama diabetes tipe 2. Padahal, makanan manis, terutama gula, bukanlah penyebab pasti diabetes.

Hal yang perlu diketahui adalah bahwa gula dalam makanan adalah penyebab kenaikan berat badan. Hal ini kemudian dapat memicu seseorang menjadi kelebihan berat badan atau obesitas, salah satu faktor pemicu diabetes tipe 2. Namun, makanan manis bukan satu-satunya penyebab kenaikan berat badan. Kebiasaan makan junk food dan makanan yang banyak mengandung karbohidrat juga bisa memicu kegemukan.

  1. Jangan Berolahraga

Beberapa kondisi mengharuskan penderita diabetes menggunakan insulin atau obat khusus untuk memproduksi insulin di dalam tubuh. Nah, banyak orang yang mengatakan bahwa penderita diabetes yang sudah menggunakan insulin sebaiknya tidak berolahraga. Sekali lagi, anggapan ini tidak sepenuhnya benar.

Penderita diabetes tipe 2 disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum berolahraga. Tujuannya untuk mengetahui jenis olahraga mana yang paling aman dan paling cocok untuk penderita diabetes. Sebab, pada dasarnya setiap orang harus berolahraga, termasuk penderita diabetes. Padahal, fakta nya olahraga sebenarnya penting untuk membantu mengontrol diabetes tipe 2.

  1. Tidak Bisa Makan Manis

Mitos ini adalah yang paling populer dan sering dikaitkan dengan diabetes. Orang yang memiliki diabetes tipe 2 dikatakan tidak makan gula dan makanan manis sama sekali. Padahal, jika dikonsumsi dalam porsi kecil atau hanya sesekali, tidak apa-apa bagi penderita diabetes untuk mengonsumsi makanan manis.

Cari tahu lebih lanjut tentang diabetes tipe 2 dengan bertanya kepada dokter di aplikasi Kesehatan yang banyak tersedia. Dengan aplikasi ini, Anda juga dapat mengetahui seberapa besar Anda berisiko terkena diabetes tipe 2 dengan menggunakan fitur Kalkulator Risiko Diabetes bertanya mengenai Biaya Medical Check Up untuk Kerja. Mudah dan praktis bukan? Yuk, download aplikasi itu sekarang juga di App Store dan Google Play!