Ini dia 4 Tantangan Berbisnis Online – Bagaimana perasaan Anda ketika ingin memulai bisnis online? Anda mungkin khawatir, bingung, atau frustrasi. Jangan khawatir, Anda tidak sendirian. Banyak orang juga merasakannya.

Ini dia 4 Tantangan Berbisnis Online

Bahkan orang yang sudah memulai bisnis online terkadang khawatir dengan keberlangsungan bisnisnya.

Biasanya perasaan ini datang dari rasa tidak aman. Sejumlah pertanyaan harus muncul:

  • Apakah bisnis online Anda bisa berjalan dengan lancar?
  • Tantangan apa yang akan Anda ambil?
  • Apa platform terbaik untuk bisnis Anda?
  • Bagaimana Anda melakukan pemasaran online?

Untuk memastikan bisnis Anda memiliki peluang sukses yang lebih baik di dunia digital, kami menemukan empat tantangan bisnis online umum berdasarkan survei yang kami bagikan dengan sekelompok bisnis online dari semua industri.

Baca Juga: Keunggulan Jasa SEO Profesional

Selain mempelajari semua tantangan yang dihadapi bisnis online, kita juga akan melihat cara mengatasinya.

Dengan begitu, Anda bisa lebih siap dan percaya diri untuk memulai bisnis online.

Ayo mulai!

Banyak tantangan yang bisa muncul ketika menjalankan bisnis online.

Dan setiap tantangan bisnis online dipengaruhi oleh banyak faktor. Pertimbangkan skala perusahaan, persaingan, situasi industri dan lain-lain.

Nah, dari sekian banyak tantangan bisnis online, penelitian kami menemukan empat tantangan yang paling sering dihadapi pengusaha online, yaitu:

Seperti yang Anda lihat, tantangan yang mereka hadapi beragam. Mulai dari masalah anggaran hingga masalah teknis. Jika Anda memulai bisnis online, Anda mungkin pernah menghadapi masalah ini juga.

Bagaimana Anda menyelesaikan semua masalah di atas? Mari kita bahas satu per satu!

  1. Anggaran terbatas untuk promosi online

Sebagian besar bisnis online (28,57%) menganggap kendala anggaran sebagai masalah paling umum yang mereka hadapi. Bagaimana ini bisa terjadi?

Biasanya penyebab utamanya adalah hasil promosi yang tidak mencukupi dan anggaran pemasaran yang tidak mencukupi.

Jika bisnis online Anda mengalami kendala anggaran, ada dua solusi yang bisa Anda coba:

  • Buat promosi gratis
  • Buat iklan yang lebih efektif
  • Agar lebih mudah dipahami, mari kita simak penjelasannya satu per satu!

Buat promosi gratis

Pertama-tama, Anda harus menggunakan metode promosi gratis terlebih dahulu. Beberapa contohnya adalah SEO (optimasi mesin pencari) dan pemasaran media sosial.

Anda dapat mempraktikkan metode ini tanpa mengeluarkan uang.

SEO adalah metode di mana Anda mencoba meningkatkan posisi situs web di mesin pencari. Semakin tinggi peringkat situs web, semakin banyak orang akan menemukan bisnis Anda, bukan?

Baca Juga: Cara Kerja dan Fungsi dari HTML

Sebenarnya, dasar-dasar SEO cukup sederhana. Anda hanya perlu membuat konten atau halaman web yang relevan dengan pencarian Google.

Anda juga perlu membuat situs web Anda kredibel dan terlihat oleh Google.

Masih banyak lagi yang harus dipahami tentang SEO. Jika Anda ingin tahu lebih banyak, Anda dapat mengunjungi artikel ini. Atau bisa juga klik banner di bawah ini untuk mendownload ebook gratis dengan tips SEO lengkap:

Selain SEO, metode pemasaran gratis lainnya adalah pemasaran media sosial. Sesuai dengan namanya, ini adalah cara untuk mempromosikan bisnis Anda melalui media sosial.

Nah, banyaknya pengguna media sosial membuat platform ini ideal untuk digunakan sebagai saluran pemasaran. Karena yang harus Anda lakukan adalah menyampaikan konten yang tepat kepada audiens yang tepat pada waktu yang tepat.

Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang pemasaran media sosial, Anda dapat membaca artikel ini.

Dengan mengoptimalkan metode pemasaran online gratis, Anda tidak perlu lagi khawatir dengan biaya.

Jadi itu solusi pertama. Lalu apa solusi kedua?

Buat iklan yang lebih efektif

Solusi kedua adalah memastikan efektivitas iklan Anda.

Mengapa demikian? Karena iklan yang tidak efektif dapat merugikan bisnis Anda. Bayangkan bahwa iklan yang Anda tempatkan sebenarnya ditampilkan kepada orang-orang yang tidak tertarik dengan produk Anda. Tentu saja, pengeluaran iklan Anda hilang, bukan?

Itulah mengapa Anda perlu membuat iklan yang efektif. Karena iklan yang efektif adalah iklan yang tepat di tempat yang tepat. Jadi potensi keuntungannya lebih besar.

Jadi bagaimana Anda membuat kampanye iklan yang lebih efektif?

Sebenarnya ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi sukses tidaknya sebuah iklan. Salah satunya adalah memilih kata kunci yang tepat untuk iklan Anda. Karena iklan Anda muncul ketika pengguna Google mengetik kata kunci tertentu.

Berikut tips langsung dari Google dalam memilih kata kunci yang tepat saat beriklan. Dengan cara ini, iklan bisa lebih efektif dan tepat sasaran:

  • Pastikan kata kunci yang Anda gunakan selaras dengan tujuan bisnis Anda. Misalnya, jika produk Anda adalah pakaian, pilih kata kunci yang relevan seperti “toko pakaian terdekat”, “beli baju lebaran” dan sejenisnya.
  • Gunakan kata kunci yang berbeda – Jangan terpaku pada kata kunci yang mengarah langsung ke pembelian. Cari kata kunci lain yang masih relevan dengan target konsumen, seperti “rekomendasi baju lebaran”, “tren baju terbaru” dan sejenisnya.
  • Aktifkan Iklan Penelusuran Dinamis (DSA) – DSA secara otomatis menargetkan kata kunci yang relevan dengan konten situs web Anda. Sehingga proses penargetan iklan bisa lebih singkat dan efisien. DSA dapat diaktifkan saat membuat iklan di Google Ads.
  • Tingkatkan Peringkat Iklan – Peringkat Iklan adalah peringkat di kolom iklan Google. Semakin tinggi iklan, semakin besar kemungkinannya untuk muncul di hasil pencarian. Dua faktor utama yang mempengaruhi Peringkat Iklan adalah jumlah tawaran dan kualitas iklan.
  • Manfaatkan kata kunci negatif – Memasang kata kunci negatif akan mencegah iklan Anda tampil pada kata kunci tertentu. Jadi, Anda dapat memastikan iklan Anda hanya tampil untuk kata kunci yang benar-benar relevan.

Ada banyak cara lain untuk membuat iklan Anda lebih efektif. Anda dapat menemukannya di artikel kami dengan 7+ tips untuk beriklan di Google Ads.

  1. Kesulitan menargetkan konsumen

Tantangan kedua yang sering dihadapi bisnis online adalah sulitnya membidik konsumen (24,79%).

Di atas sudah kita bahas cara membuat iklan yang efektif dan tepat sasaran. Namun, masalah penargetan tidak hanya terkait dengan iklan, tetapi kampanye pemasaran online secara keseluruhan.

Secara tidak langsung, masalah ini masih terkait dengan masalah keterbatasan anggaran. Karena kampanye pemasaran yang tidak sesuai jadwal pasti akan mengeluarkan biaya operasional bukan?

Jadi, apa yang perlu dilakukan agar kampanye pemasaran Anda menjangkau audiens target Anda? Berikut langkah-langkahnya:

  • Melakukan survei konsumen – Anda dapat menyebarkan kuesioner atau melakukan wawancara untuk mengetahui dan mempelajari masalah konsumen sasaran. Jadi, Anda tahu cara memenangkan hati mereka.
  • Tentukan nilai produk Anda – Setelah Anda mengetahui masalah yang dihadapi konsumen, yang perlu Anda lakukan hanyalah mencocokkannya dengan manfaat yang ditawarkan produk Anda. Pastikan produk Anda dapat menjadi solusi atas permasalahan mereka. Pastikan juga bahwa setiap produk menargetkan kelompok konsumen tertentu. Misalnya, Anda dapat menawarkan dua paket produk untuk dua segmen konsumen yang berbeda.
  • Buat konten yang relevan dengan target konsumen – Cara termudah untuk menarik perhatian target konsumen adalah dengan membuat konten yang relevan dengan minat mereka. Baik itu artikel blog, video YouTube atau posting media sosial.
  • Buat iklan bertarget – Saat Anda membuat iklan di Google atau Facebook, Anda dapat menentukan karakteristik pengunjung yang melihat iklan tersebut. Pastikan atribut cocok dengan audiens target Anda. Dan fungsi yang dipasang tidak boleh terlalu luas, melainkan dibuat secara khusus. Karena semakin spesifik fungsi yang dipasang, semakin akurat penargetan iklan.
  • Terlibat dalam pemasaran influencer – Cari influencer yang pengikutnya memiliki karakteristik yang sama dengan konsumen target Anda. Kemudian promosikan perusahaan Anda melalui influencer ini. Dengan cara ini Anda dapat langsung menjangkau kelompok sasaran Anda. Gunakan platform seperti Sociabuzz dan Hiip untuk menemukan influencer yang sesuai dengan bisnis Anda.
  • Memulai pemasaran email – Undang pelanggan target Anda untuk berlangganan email bisnis Anda. Jadi Anda bisa lebih mudah berkomunikasi dengan mereka.

Intinya, untuk menjangkau target konsumen Anda, Anda harus terlebih dahulu memahami siapa target konsumen Anda.

Apa masalah mereka? Solusi apa yang mereka inginkan? Dan di platform mana mereka paling sering muncul?

Setelah menjawab semua pertanyaan tersebut, yang perlu Anda lakukan adalah menyelaraskan nilai-nilai perusahaan Anda dengan minat audiens target Anda.

  1. Belum siap melakukan pemasaran online secara online

23,11% pelaku bisnis online mengakui masih banyak yang belum siap terjun ke dunia online marketing. Bagaimana bisa?

Ini masuk akal karena sebelum Anda memulai pemasaran online, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Berdasarkan cara berolahraga, manfaatnya, tetapi juga risikonya.

Nah, dengan berbagai pertimbangan tersebut, para pebisnis seringkali merasa belum siap untuk beralih ke online.

Lantas, apa saja yang perlu dilakukan agar para pelaku bisnis lebih siap menghadapi pemasaran online?

Kuncinya ada dua, yaitu belajar dan berlatih. Keduanya harus dilakukan secara berurutan. Sebagai permulaan, bisnis perlu mencari tempat untuk belajar pemasaran online.

Mungkin itu saja informasi yang dapat kami sampaikan untuk Anda semua, semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk Anda semua. Kunjungi situs dari Jasa SEO Jakarta untuk mendapatkan berbagai macam informasi menarik lainnya mengenai bisnis Online dan SEO.