Fungsi Usus Buntu yang Jarang diketahui – Banyak orang mungkin bertanya-tanya apa sebenarnya fungsi usus buntu dalam tubuh. Meski bukan organ vital, usus buntu secara tidak langsung berperan dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Fungsi Usus Buntu yang Jarang diketahui

Usus buntu adalah organ ramping seperti tabung sepanjang 5 sampai 35 cm yang melekat pada usus besar di bagian kanan bawah perut. Selama bertahun-tahun, para ilmuwan percaya bahwa usus buntu hanyalah peninggalan evolusi yang tidak memiliki fungsi untuk tubuh.

Namun teori ini telah berhasil dibantah oleh beberapa penelitian terbaru yang mengklaim bahwa usus buntu juga merupakan bagian dari saluran pencernaan yang membantu proses pencernaan dan penyerapan makanan, meskipun fungsinya tidak terlalu penting.

Ketahui berbagai fungsi lampiran

Dalam beberapa tahun terakhir, penelitian tentang fungsi usus buntu telah menunjukkan bahwa ada jenis jaringan tertentu di usus ini yang terkait dengan sistem limfatik yang membawa sel darah putih untuk membantu melawan infeksi.

Jaringan limfatik di usus buntu diketahui dapat mendorong pertumbuhan beberapa bakteri baik di usus. Artinya usus buntu juga secara tidak langsung berperan dalam mendukung kesehatan sistem pencernaan dan fungsi sistem kekebalan tubuh, terutama pada anak-anak.

Jika sistem pencernaan sehat, sistem kekebalan tubuh akan menjadi lebih kuat.

Selain itu, penelitian lain juga menunjukkan bahwa lapisan usus mengandung banyak biofilm atau lapisan tipis mikroba. Lapisan ini mampu melindungi dan menggantikan kumpulan bakteri baik di saluran pencernaan yang bisa hilang karena kondisi tertentu, seperti diare.

Meskipun fungsinya banyak, usus buntu juga rentan terhadap infeksi dan peradangan yang dapat menimbulkan gejala radang usus buntu, seperti sakit perut yang tak tertahankan, demam ringan, mual, dan muntah.

Apendiktomi sering diperlukan untuk mencegah pecahnya apendisitis dan komplikasi serius dari apendisitis, seperti peritonitis, sepsis, dan bahkan kematian.

Oleh karena itu, untuk mempertahankan fungsi usus buntu yang tepat sekaligus mengurangi risiko radang usus buntu, Anda harus makan banyak makanan tinggi serat, termasuk buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, buncis, serpihan gula, biji-bijian, beras merah, biji-bijian, sereal.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan tentang bagaimana usus buntu Anda berfungsi atau jika Anda memiliki gejala yang berhubungan dengan radang usus buntu, jangan ragu untuk berkonsultasi dan tanyakan Biaya Medical Check Up untuk Kerja dengan dokter Anda.