Fungsi Label Pada KemasanSaat Anda membeli suatu produk makanan, hal pertama yang Anda lihat adalah label kemasan atau lebih dikenal dengan label kemasan. Namun, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui manfaat dari penggunaan label kemasan. Menurut Direktur Standardisasi Pangan Olahan BPOM, Sutanti Siti Namtini yang menjelaskan bahwa fungsi label kemasan sangat penting karena berpengaruh terhadap kesehatan konsumen.

Fungsi Label Pada Kemasan

Biasanya label kemasan ini berisi informasi tentang makanan yang dijual, yang bisa berupa gambar, tulisan atau keduanya dan bisa juga berupa stiker pada kemasannya. Pada dasarnya, label kemasan adalah interaksi sebuah kemasan dengan konsumen. Lalu apa saja manfaat dari label kemasan itu sendiri?

Mengedukasi konsumen

Fungsi utama dari label kemasan adalah untuk memberikan informasi kepada konsumen, karena dengan adanya label tersebut konsumen dapat mengetahui nutrisi apa saja yang terdapat pada makanan tersebut. Label kemasan juga dapat membantu mengurangi prevalensi PTM, karena label biasanya berisi informasi nutrisi. Jadi Anda bisa memutuskan sendiri makanan mana yang cocok untuknya.

Bentuk tanggung jawab

Label kemasan dapat dilihat dari dua sisi, yaitu dari sisi produsen dan juga dari sisi konsumen. Dari sisi produsen, label dapat membantu menjadi sarana komunikasi bagi konsumen, karena produsen dapat mencantumkan isi produknya pada label. Fungsi kedua, label dapat menjadi sarana perdagangan yang adil, adil dan bertanggung jawab. Karena label merupakan bentuk tanggung jawab dari produsen kepada konsumen untuk memberikan informasi yang sebenarnya sebaik mungkin.

Dan fungsi terakhir dari label, dilihat dari kedua sisi, adalah dapat membantu melindungi konsumen. Jika konsumen ingin mengkonsumsi produk, tetapi ada bahan yang harus dihindari, mereka dapat membaca ini pada label kemasan yang sudah ada di kemasan.

Fungsi label untuk konsumen

Dari sisi konsumen, label kemasan ini juga dapat menjadi sarana komunikasi dengan produsen. Karena dengan label, konsumen bisa mendapatkan informasi tentang produk. Dan fungsi yang kedua adalah, sebagai faktor penentu apakah konsumen akan membeli produk tersebut atau tidak. Karena label kemasan merupakan salah satu faktor penentu bagi konsumen untuk membeli suatu produk pangan.

Itulah beberapa keuntungan menggunakan label produk, biasanya label kemasan ini lebih umum digunakan untuk produk makanan atau pada kemasan makanan.

Label juga datang dalam berbagai jenis, apa label yang paling umum digunakan untuk suatu produk? Mari kita lihat bersama.

Jenis label produk

  1. Grade Label adalah label yang menunjukkan tingkat kualitas suatu produk. Label ini biasanya berisi teks atau kata-kata.
  2. Label produk ini biasanya berisi informasi tentang produk yang akan Anda beli atau tentang penjualan produk itu sendiri.
  3. Label level digunakan untuk mengidentifikasi grade. Label ini biasanya terdiri dari huruf, angka atau simbol lain yang dapat digunakan untuk menunjukkan tingkat suatu produk.
  4. Label deskriptif adalah informasi objektif yang menunjukkan penggunaan, konstruksi, pelestarian penampilan dan karakteristik lain dari produk.
  5. Label merek, ini adalah penempatan nama merek atau nama merek yang ditempatkan pada kemasan produk.

Itulah beberapa jenis label produk yang harus Anda ketahui sebelum membuat kemasan yang menarik. Jika sudah paham, pesan kemasannya di Temapack selaku supplier paper bubble wrap.