Fungsi Desain Kemasan Produk – Membuat desain kemasan produk seperti membuat sebuah karya seni, harus merupakan kombinasi antara kreativitas yang tinggi dan visi yang jelas. Namun, desain kemasan pada produk tidak boleh dibuat asalkan berdasarkan pola pikir konsumen.

Fungsi Desain Kemasan Produk

Desain pada kemasan produk harus memiliki manfaat, kegunaan dan fungsi yang sesuai dan terutama dapat diterima oleh konsumen. Namun, tidak semua desainer menangani secara detail faktor fitur desain pada kemasan produk dan lebih mementingkan tampilan visual untuk menarik perhatian. Untuk membuat desain kemasan yang baik, beberapa ciri desain kemasan produk berikut harus diketahui:

  1. Sarana komunikasi

Sebelum membeli suatu barang, konsumen biasanya melihat desain kemasannya terlebih dahulu. Desain pada sebuah kemasan akan memberikan kesan yang jelas bagi setiap orang yang melihatnya, inilah yang disebut dengan komunikasi visual.

Kemasan harus didesain dengan baik, artinya dapat memberikan kesan elegan, eksklusif dan kualitatif pada produk. Di sinilah fungsi desain kemasan produk harus ditekankan untuk membangkitkan minat pelanggan.

Tak heran jika saat ini beberapa desain kemasan produk tidak hanya terfokus pada tampilan produk, tetapi juga memuat pesan-pesan singkat yang kini digemari banyak orang. Seperti menyisipkan kata-kata mutiara, motivasi hingga kalimat penyemangat bagi pelanggan.

  1. Sebagai lambang keindahan (estetika)

Selain desain kemasan yang baik, keunikan sebuah kemasan produk juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi pembelian suatu produk. Desain kemasan yang unik, baik melalui bentuk maupun desainnya sendiri, jelas akan menarik perhatian.

Estetika yang dimaksud mewujud dalam beberapa unsur mulai dari tipografi, warna dan komposisi. Bentuk kemasan produk yang unik juga dapat meninggalkan kesan yang mendalam bagi pelanggan. Siapa sangka karena bentuknya yang unik ini bisa menjadi ciri khas produk sehingga mudah diingat dan dikenali.

  1. Sebagai wadah distribusi

Distribusi suatu produk sangatlah kompleks, ada beberapa fase yang panjang sebelum produk tersebut akhirnya sampai ke tangan konsumen. Hal ini dimaksudkan dengan fungsi desain kemasan produk sebagai wadah pada saat pendistribusian.

Kualitas kemasan di bawah standar akan menurunkan nilai produk. Demi menjaga kualitas produk yang baik dalam segala keadaan, pemilihan bahan pada kemasan juga menentukan keinginan pelanggan untuk membeli produk tersebut.

  1. Identitas perusahaan

Jika Anda pernah melihat desain kemasan yang berbeda pada produk, beberapa di antaranya dirancang dengan cara yang tidak biasa. Produk yang didesain tidak biasa biasanya sengaja ditampilkan sebagai ciri suatu produk. Lambat laun, konsumen akan mengasosiasikan keanehan ini dengan identitas merek tertentu.

  1. Dari aspek ergonomis (kemudahan penggunaan)

Demi kenyamanan konsumen, kemasan produk tidak bisa dibuat ‘original made’. Oleh karena itu, aspek ergonomis dari kemasan harus diperhatikan semaksimal mungkin, hal ini akan sangat mempengaruhi kualitas konsumen dalam kaitannya dengan produk.

Tak heran jika beberapa kemasan produk juga memperhatikan tampilan visual kemasan, kegunaannya dalam penggunaan hingga kemasan siap. Karena beberapa kemasan pada produk kini juga bisa digunakan kembali dan menjadi barang bekas yang bermanfaat.

  1. Sebagai pembawa informasi

Fungsi lain dari desain kemasan produk adalah sebagai bahan penyampaian informasi. Informasi mengacu pada nilai perusahaan. Sedangkan secara lebih spesifik desain pada kemasan produk mewakili isi dari produk itu sendiri. Tentunya untuk produk makanan, harus disertai dengan izin dan tanggal kadaluwarsa.

  1. Sebagai alat untuk perlindungan

Sebuah desain pada kemasan produk juga memiliki fungsi perlindungan (protection) terhadap produk tersebut. Tanpa kemasan, produk yang disajikan dapat cepat rusak sehingga merugikan konsumen dan perusahaan.

Nah, itulah informasi dari kami mengenai Fungsi desain kemasan produk yang harus Anda ketahui. Untuk Anda yang ingin memiliki desain kemasan yang menarik buat produk Anda. bisa langsung kunjungi Tab packaging selaku produsen kemasan makanan food grade yang bisa membuat kemasan makanan Anda menjadi unik dan juga menarik perhatian audience. Semoga informasi yang kami berikan bisa bermanfaat bagi Anda.