Cara mudah membuat Judul Artikel yang menarik untuk SEO – Di video kali ini kita akan membahas cara membuat judul artikel SEO yang menarik. Dalam teknik Digital Marketing khususnya Search Engine Optimization atau SEO, setiap website wajib memiliki blog dengan artikel di dalamnya. mengapa? Alasannya sederhana.

Agar ranking SEO di search engine seperti Google, Bing, Yahoo! atau sejenisnya, bisa bertambah bahkan masuk halaman pertama. Rahasia artikel SEO friendly terletak pada penempatan keyword atau kata kunci yang merata pada isi artikel. Ternyata, kata kunci dalam isi artikel juga tidak cukup.

Kita juga harus menggunakan kata kunci dalam judul. Para pembaca biasanya akan mengklik artikel tersebut setelah melihat judulnya menarik atau tidak. Pertanyaannya adalah, di sini. Bagaimana agar judul artikel SEO kita tetap menarik? Begini caranya.

Cara mudah membuat Judul Artikel yang menarik untuk SEO

Buat artikel yang menarik. Intinya dari judul itu kita tetap memberikan dampak atau manfaat bagi pembaca. Jika tidak manfaat juga bisa menjadi solusi. Nah dari judul tersebut kami telah menawarkan kepada mereka manfaat atau solusi agar mereka tertarik untuk membacanya.

Biasanya mereka tertarik karena judul artikelnya langsung menggambarkan solusi atau manfaat dari artikel yang mereka baca. Sebagai contoh, saya menggunakan judul artikel yang pernah saya tulis di bidang Kecantikan. Judulnya ‘Kenali 5 Manfaat Argan Oil untuk Rambut Lebih Sehat’. Disini kita bisa langsung melihat dampak atau manfaat yang dibawa oleh artikel ini yaitu kita memberikan wawasan atau pengetahuan kepada pembaca tentang manfaat minyak argan untuk rambut.

Menggunakan angka. Faktanya, artikel model listicle lebih banyak diklik oleh pembaca bukan? Mengapa? Itulah kekuatan angka dalam judul. Dari angka yang kami tuliskan di judul, pembaca bisa mengetahui berapa banyak manfaat yang akan mereka dapatkan. Berapa banyak solusi yang dapat mereka buat saat membaca artikel tersebut.

Saya masih menggunakan contoh sebelumnya yaitu Mengetahui 5 Manfaat Argan Oil untuk Rambut Lebih Sehat. Nah, disini para pembaca artikel bisa mengetahui berapa banyak manfaat yang mereka dapatkan dari minyak argan setelah membaca artikel tersebut. Mereka juga lebih tertarik membaca artikel dengan nomor di judulnya daripada yang tidak.

Tetap singkat dan sederhana. Atau bisa juga mengingat model KISS. Demikian tips penting yang perlu diketahui yaitu judul artikel harus singkat dan sederhana. Tidak perlu membuat judul yang panjang. Pembaca juga belum tentu tertarik untuk mengklik artikel tersebut.

Lagipula, judul artikel yang pendek dan sederhana dapat menekankan poin-poin yang ingin Anda sampaikan dalam artikel Anda. Saat membuat artikel SEO, Anda juga perlu memperhatikan jumlah karakter pada judul. Biasanya karakter yang digunakan harus kurang dari 70 karakter agar tetap tampil utuh atau pas saat dicari di mesin pencari.

Libatkan perasaan pembaca. Biasanya pembaca mudah terbawa suasana jika judul menggunakan kata-kata tertentu. Misalnya kata “akurat”, “menarik”, “wajib dicoba”. Ya, ketiga kata tersebut dapat menggugah perasaan mereka dan tentunya dapat memancing mereka untuk membaca artikel kita. Apalagi di masa pandemi Covid-19 seperti ini, kata kata sehat seperti yang saya contohkan pada artikel sebelumnya yaitu Mengetahui 5 Manfaat Argan Oil untuk Rambut Lebih Sehat, tentu bisa membuat pembaca semakin tertarik untuk membaca artikel yang kami tulis ini.

Nah, kita bisa mempermainkan perasaan pembaca dengan meletakkan kata-kata menarik seperti contoh yang saya berikan tadi. Atau anda juga bisa mencari contoh atau contoh kata referensi lainnya saat membaca artikel atau judul buku lainnya.

Itulah cara membuat judul artikel yang menarik, namun tetap SEO friendly. Harus diingat ya, kita menulis untuk manusia, bukan untuk mesin SEO. Jadi, kalau misalnya kata kunci tidak sesuai judul, tidak perlu dipaksakan karena artikel tetap akan masuk mesin pencari melalui isinya.

Demikian sedikit insight untuk hari ini. Semoga bermanfaat, dan jika ada pertanyaan bisa dituliskan di kolom komentar. Kunjungi situs dari Jasa SEO Murah untuk mendapatkan informasi yang lebih menarik lainnya.