Depresi dapat Mengganggu Penglihatan – Setiap orang pernah mengalami stres, entah karena pekerjaan, keluarga, atau banyak hal lainnya. Tentunya stres yang terjadi perlu segera ditangani untuk menghindari beberapa efek buruk. Dampak yang terjadi tidak hanya mental, tetapi juga fisik, salah satunya adalah penglihatan. Namun, bagaimana masalah ini bisa terjadi? Temukan jawabannya disini!

Depresi dapat Mengganggu Penglihatan

Stres adalah respons alami tubuh terhadap setiap perubahan yang mengganggu keseimbangan normal. Saat berkembang menjadi depresi, gangguan ini bisa menyebabkan penderitanya mengalami gangguan penglihatan. Beberapa efek depresi yang dapat mempengaruhi penglihatan antara lain penglihatan kabur, mata berkedut, sakit kepala, hingga mata berair atau kering.

Selain itu, efek buruk pada penglihatan yang dapat diakibatkan oleh depresi adalah pusing, ketegangan mata, kepekaan terhadap cahaya, eye floaters, dan kejang mata. Perasaan tegang yang ditimbulkan dikatakan sebagai penyebab utama nyeri kronis dan sebagian besar gejala lainnya. Jika dibiarkan, masalah ini bisa berlangsung lama.

Namun, apa penyebab depresi bisa memengaruhi penglihatan seseorang?

Peningkatan Kadar Kortisol

Penyebab depresi bisa mempengaruhi penglihatan karena adanya peningkatan kandungan kortisol di dalam tubuh. Kortisol adalah hormon yang dikeluarkan saat tubuh sedang stres. Sebenarnya hormon ini berguna untuk membantu, tapi terlalu banyak itu buruk. Kortisol dapat mengganggu pengiriman pesan dari otak dan sistem saraf pusat.

Masalah ini juga dapat menyebabkan peningkatan hormon adrenalin, yang memberi tekanan pada mata, menyebabkan penglihatan kabur dan ketegangan mata. Kedutan kelopak mata juga merupakan salah satu efek buruk dari depresi yang dapat mempengaruhi penglihatan seseorang.

Selain itu, seseorang yang mengalami depresi juga dapat mengalami gangguan penglihatan berupa kesulitan melihat hitam atau putih, dan mungkin mempersepsikan hitam putih sebagai abu-abu. Padahal, kelainan ini bisa terjadi pada seseorang yang mengonsumsi pil antidepresan atau tidak.

Bagaimana Mencegah Depresi Yang Dapat Mempengaruhi Visi Anda

Jika Anda khawatir tentang depresi yang dapat memengaruhi fungsi penglihatan, penting untuk berhati-hati sebelum memburuk. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan, seperti berolahraga, menghentikan apa pun yang memicu stres, dan minum obat.

Memeriksakan diri ke dokter mata juga perlu dilakukan untuk mengetahui parahnya apa yang terjadi. Kalian tidak perlu khawatir, karena saat ini sudah banyak klinik yang memberikan Biaya Medical Check Up untuk Kerja dengan sangat terjangkau. Meski begitu, dokter mata hanya dapat melakukan sesuatu jika orang tersebut menderita depresi medis, tetapi tidak dapat mengatasi masalah stres atau depresi. Perlu penanganan dari psikolog atau psikiater untuk meredakan depresi yang dirasa menjadi lebih baik.

Oleh karena itu, jika Anda mengalami ketidaknyamanan pada mata Anda bahkan dalam waktu yang lama, ada baiknya segera memeriksakan diri. Dengan begitu, diharapkan masalah yang terjadi dapat teridentifikasi dan penyebabnya segera diatasi. Jangan menunda karena ini bisa menjadi masalah yang lebih besar.

Mungkin itu saja informasi yang dapat kami sampaikan untuk Anda semua, semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk kalian semua. Segeralah lakukan pemeriksaan kesehatan pada klinik atau rumah sakit kepercayaan Anda. Seperti yang telah kami informasikan diatas, saat ini sudah banyak rumah sakit atau klinik yang memberikan Medical Check Up murah di Tangerang dengan sangat terjangkau demi memudahkan pasien untuk hidup sehat.