Demam Saat Hamil Dan Cara MengatasinyaDemam saat hamil bisa disebabkan oleh beberapa hal. Kondisi ini bisa hilang dengan sendirinya atau berkurang dengan minum obat dari dokter. Selain minum obat dari dokter, tentunya Anda juga bisa meredakan demam saat hamil. Simak caranya di artikel berikut.

Demam Saat Hamil Dan Cara Mengatasinya

Demam saat hamil merupakan tanda atau gejala adanya infeksi pada tubuh Anda. Jika demam terjadi pada trimester pertama saat hamil dan suhu mencapai 38 derajat Celcius atau lebih, segera konsultasikan ke dokter kandungan.

Bahaya Demam Saat Hamil

Demam saat hamil tidak boleh dibiarkan begitu saja. Saat suhu tubuh Anda naik, begitu juga suhu tubuh janin. Hal ini dapat meningkatkan detak jantung bayi dalam kandungan.

Jika demam selama kehamilan tidak segera diobati, risiko keguguran dan cacat lahir janin seperti cacat tabung saraf, cacat jantung, serta bibir dan mulut sumbing dapat meningkat. Semakin tinggi suhu demam dan semakin lama demam berlangsung, semakin besar risiko hal-hal tersebut.

Penyebab Demam Saat Hamil

Ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan ibu hamil mengalami demam, antara lain:

  • Infeksi, seperti infeksi saluran kemih, toksoplasmosis, flu, dan pneumonia.
  • Infeksi kantung ketuban (chorioamnionitis).
  • Gangguan pencernaan, seperti diare.
  • Keracunan makanan.
  • Radang otak.

Masing-masing penyebab demam ini memiliki gejala yang khas. Oleh karena itu, penting bagi ibu hamil untuk memperhatikan gejala lain yang berhubungan dengan demam, seperti sesak napas, sakit punggung, sakit perut, menggigil, lemas, dan leher kaku. Pastikan untuk memberi tahu dokter Anda tentang gejala-gejala ini.

Pengobatan Alami Demam Saat Hamil

Meskipun beberapa penyebab demam dapat sembuh dengan sendirinya, demam selama kehamilan tetap harus dipantau oleh dokter. Demam yang disebabkan oleh virus cukup diobati dengan banyak minum air putih, istirahat atau minum obat dari dokter. Namun jika penyebabnya adalah bakteri, maka Anda membutuhkan antibiotik.

Selama kehamilan, penggunaan obat-obatan tidak dianjurkan, termasuk untuk meredakan demam, seperti aspirin atau ibuprofen. Jadi tanyakan kepada dokter Anda obat demam mana yang aman untuk Anda.

Selain pengobatan oleh dokter, cara berikut dapat membantu meredakan demam pada ibu hamil:

  • Tekan dahi dan tubuh Anda bersama-sama dengan handuk atau waslap yang ditutupi dengan air biasa.
  • Mandi dengan air hangat. Hindari menggunakan air dingin karena akan membuat Anda menggigil.
  • Usahakan berada di ruangan yang sejuk atau teduh.
  • Perbanyak minum air putih agar tidak dehidrasi. Selain itu, banyak minum air putih juga mendinginkan tubuh dari dalam.
  • Kenakan pakaian dengan bahan yang dapat menyerap keringat dan tidak terlalu tebal. Jika Anda kedinginan, gunakan selimut tipis dan lepaskan selimut saat Anda kepanasan.
  • Untuk menghindari demam selama kehamilan, disarankan agar Anda mencuci tangan dengan hati-hati untuk menghindari infeksi virus atau bakteri. Usahakan juga untuk tidak berada di sekitar orang yang sedang sakit.

Karena demam saat hamil dapat disebabkan oleh banyak hal dan dapat membahayakan janin, maka kondisi ini harus dipantau oleh dokter. Saat berkonsultasi, tanyakan tentang informasi kehamilan, termasuk jenis obat yang aman dikonsumsi. Jangan minum obat apapun tanpa anjuran dokter, karena tidak semua obat aman untuk ibu hamil.  Jika mengalami sakit segeralah untuk medical check up, untuk biaya medical check up dan Jasa Medical Check Up Perusahaan sendiri tergolong murah jadi anda bisa tenang dan khawatir untuk masalah biaya.

jika Anda sedang mecari Jasa Pemeriksaan Kesehatan Karyawan dengan harga murah kami merekomendasikan Plaza Medis. mungkin hanya ini informasi yang dapat kami berikan semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda semua.