Demam pada Anak Dianggap Serius dengan Gejala Ini – ┬áDemam pada anak merupakan tanda ada yang tidak beres pada tubuhnya. Demam pada anak jarang merupakan tanda kondisi serius dan biasanya hilang dalam beberapa hari. Obat-obatan yang dijual bebas umumnya efektif dalam mengurangi demam.

Demam pada Anak Dianggap Serius dengan Gejala Ini

Jika si kecil masih tertarik bermain, ingin makan dan minum, tersenyum dan warna kulitnya normal, berarti demamnya tidak parah. Namun, jika suhunya terlalu tinggi, yakni lebih dari 38 derajat Celcius, ia bisa mengalami infeksi serius. Selain suhu tubuh yang tinggi, ibu juga harus mengenali gejala berikut ini.

Demam pada anak ditanggapi serius dengan gejala ini

Dikutip dari Kids Health, ibu harus waspada jika demam yang dialami Si Kecil disertai dengan gejala berikut:

  • Tidak ingin minum
  • Mengalami diare berkepanjangan atau muntah berulang
  • buang air kecil tidak teratur
  • Tidak ada air mata saat menangis
  • Tidak aktif
  • Sakit tenggorokan atau sakit telinga;
  • Demam lebih dari 24 jam;
  • sering demam
  • Ruam muncul
  • Bibir, lidah, atau kuku biru;
  • Sulit bernafas;

Setiap kondisi serius menyebabkan gejala yang berbeda, penting untuk membawa si kecil ke rumah sakit jika mengalami beberapa gejala di atas.

Perawatan pertama jika anak Anda demam

Yang harus Anda ketahui adalah tidak semua demam memerlukan pengobatan. Apalagi jika demam yang dialami Kleine masih dalam suhu normal. Dalam kebanyakan kasus, demam hanya boleh diobati jika menyebabkan ketidaknyamanan pada anak. Berikut cara meredakan gejala yang sering dikaitkan dengan demam, yaitu:

Berikan obat

Jika bayi Anda rewel atau terlihat tidak nyaman, Anda bisa memberinya asetaminofen untuk meredakan ketidaknyamanannya. Obat-obatan hanya menurunkan suhu untuk sementara dan tidak akan mengobati penyebab demam yang mendasarinya. Penting untuk berbicara dengan dokter jika ibu akan memberikan obat kepada si kecil.

Perawatan yang sederhana

Kenakan si kecil pakaian longgar dan katun. Kemudian tutup dengan kain tipis atau selimut. Memberikan pakaian hangat dan selimut tebal dapat mencegah keluarnya panas tubuh bahkan menaikkan suhu. Pastikan kamar tidur anak memiliki suhu yang nyaman, yaitu tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Ibu juga bisa memberinya kompres hangat untuk menurunkan demam.

Beri makan dan minum

Beri anak Anda cairan secara teratur untuk mencegah dehidrasi, karena demam dapat menyebabkan anak kehilangan cairan lebih cepat dari biasanya. Air, sup kaldu ayam, jus, atau es adalah pilihan yang baik. Hindari minuman dengan kafein, termasuk cola dan teh, yang dapat meningkatkan dehidrasi. Jika anak muntah dan diare, tanyakan kepada dokter apakah ibu harus memberikan larutan elektrolit khusus (ORS).

Untuk Anda yang ingin melakukan pemeriksaan kesehatan atau medical check up. Anda bisa kunjung website resmi plaza medis, Plaza medis menawarkan paket medical check up dengan harga murah tapi pengerjaannya sangat teliti.

Untuk melihat harga paket medical check up murah yang di tawarkan bisa ditanya kan langsung melalui whatsapp yang tersedia di website plaza medis. Mungkin hanya ini informasi yang dapat kami berikan semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda semua ya.