Cara Mencegah Kolesterol Setelah Lebaran – Sebenarnya kolesterol memiliki beberapa manfaat bagi tubuh. Namun, jika kadarnya sudah tinggi di dalam tubuh, maka lain cerita. Kondisi ini nantinya dapat memicu beberapa masalah kesehatan yang serius bagi tubuh. Mulai dari serangan obesitas hingga penyakit jantung. Kadar kolesterol yang terlalu tinggi dari waktu ke waktu dapat menumpuk di arteri, di mana mereka dapat menyumbat dan mengganggu aliran darah. Tidak hanya itu, penumpukan kadar kolesterol dapat menyebabkan dinding pembuluh darah menyempit, melemahkan bahkan merusaknya.

Nah, soal kolesterol tinggi ini, tak sedikit orang yang kolesterolnya meroket usai lebaran. Penyebabnya bermacam-macam, salah satunya adalah terlalu banyak mengonsumsi makanan yang tinggi lemak dan kolesterol. Pertanyaannya, bagaimana cara mencegah kolesterol setelah lebaran?

Cara Mencegah Kolesterol Setelah Lebaran

Hati-hati, penumpukan kolesterol (plak) bisa menyebabkan pembekuan darah. Nah, gumpalan darah ini bisa menyumbat aliran darah ke jantung dan menyebabkan serangan jantung, bahkan kematian mendadak. Bagaimana Mencegah Kolesterol Setelah Lebaran?

  1. Kurangi Asupan Lemak Jenuh

Cara mencegah kolesterol tinggi setelah lebaran juga bisa dengan mengurangi makanan kaya lemak jenuh. Lemak jenuh ditemukan dalam daging merah dan produk susu penuh lemak, yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Mengurangi konsumsi lemak jenuh dapat menurunkan kolesterol LDL (low density), atau kolesterol jahat.

  1. Kurangi lemak trans

Lemak trans sering digunakan dalam margarin dan kue, biskuit, dan kue kering yang dibeli di toko. Hati-hati, lemak trans dapat meningkatkan kadar kolesterol secara keseluruhan.

  1. Konsumsi Omega-3

Cara mencegah kolesterol naik setelah lebaran juga bisa melalui asupan makanan yang kaya asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 tidak mempengaruhi kolesterol LDL. Namun, makanan ini memiliki manfaat kesehatan jantung lainnya, termasuk menurunkan tekanan darah. Asam lemak omega-3 bisa didapat dari salmon, mackerel, herring, walnut, dan flaxseed.

  1. Tingkatkan Serat Larut

Serat larut dapat mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah. Serat larut dapat ditemukan dalam makanan seperti oatmeal, kacang merah, kubis Brussel, apel dan pir.

  1. Olahraga secara teratur

Olahraga teratur dapat mencegah dan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Olahraga ringan dapat membantu meningkatkan kolesterol high-density lipoprotein (HDL), kolesterol baik. Jadi cobalah untuk melakukan setidaknya 30 menit olahraga teratur lima kali seminggu, atau 20 menit aktivitas aerobik yang kuat tiga kali seminggu.

Segera priksa dengan medical check up agar kolesterol tidak terus mingkat, sekarang mengcek harga medical check up murah cukup mudah anda hanya perlu mengunjungi situs website medis yang tersedia di mesin pencarian google.

Jadi anda tidak perlu khawatir lagi mengenai masalah biaya medical check up untuk kerja, mungkin hanya ini informasi yan dapat kami berikan semoga informasi diatas dapat bermanfaat ya.